Peringatan Untuk Para Penceramah

Menjadi penceramah jangan sembarangan bicara. Meskipun panggung itu sepenuhnya dipersilahkan untunya oleh pembawa acara namun di belakang semua itu ada masyarakat yang mengawasi.

Kali ini saya akan sharing dengan anda semuanya tentang beberapa hal yang harus dihindari oleh seorang penceramah. Dalam  catatan ini saya akan tuliskan beberapa hal penting.

Jangan Bicara Jorok Atau Mesum

Telah menjadi pengetahuan umum bahwa di antara yang menjadi bumbu dalam ceramah adalah hal-hal yang berbau mesum atau hal-hal yang menjurus pada masalah hubungan suami istri.

Tidak Usah Terlalu Banyak Bercanda

Sesungguhnya candaan banyak gunanya. Selain sebagai pemecah ketegangan juga menjadikan komunikasi bertambah lancar. Namun apabila terlalu banyak akan membuat isi ceramah nenjadi seperti lawakan.

Tidak Perlu Berkata Kasar

Penceramah harus mendidik masyarakat dengan baik. Sebisa mungkin harus menggunakan semua sarana termasuk bahasa. Bahasa yang halus dan sopan adalah bagian dari pendidikan dan peradaban yang akan terus membawa manusia mencapai derajat yang tinggi.

Tidak Memasukkan Konten Kebencian

Penceramah sebaiknya menahan diri dari membahas perilaku orang yang yang membuat orang menjadi panas telinga. Orang datang ke sebuah haflah karena ingin mendapat pencerahan dan mendinginkan hati

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel