Bagaimana Cara Menuju Sayang Heulang (dari Cianjur Selatan)

Saya bercerita tentang pengalaman saya yang beberapa saat sebelum ini saya singgah di Sayang Heulang salah satu Taman Wisata Alam Pantai favorit di wilayah Garut Selatan. Sayang Heulang sebagai Objek Wisata memang sangat terkenal apalagi ke daerah Cidaun (tempat tinggal saya), selain karena dekat juga sudah banyak juga yang udah pada picnic ke sana.

Untuk soal daya tarik tentunya keindahan yang jadi daya tariknya. Meski citra keindahan kadang berbeda-beda bagi tiap orang tapi sepertinya ada satu hal yang disepakati adalah bentangan pantai yang berteras karang lah yang sangat unik dan menjadikannya plong ketika dipandang. Hal ini seakan mengumpulkan warna inda focus pada satu tempat yang datar dan rata.

Nah kali ini saya hanya akan bercerita tentang rute perjalanan ke Sayang Heulang dari arah Cianjur Selatan. Kalau mau ringkas saya cukup bisa menggambarkan rute itu dengan kata “ngetan”. Ngetan ini bukan makan ketan, tapi maksudnya untuk ke Sayang Heulang, Santolo, Cilauteureun, Ranca Buaya, Puncak Guha, Batu Kukumung, dan Pelabuhan Jayanti arahnya “ka wetan” yang berarti kea rah timur.

Yah, memang arahnya terus ke timur. Bagaimana dengan persimpangan-persimpangan .. ? Untuk menuju Sayang Heulang tidak usah khawatir takut tersesat karena banyak persimpangan, karena meemang tidak ada persimpangan. Caranya kita ikuti jalan yang ukurannya besar mulus dan lebarnya sama. Kalau ada persimpangan pasti lebih kecil dan kita pilih yang lebar. Pokoknya terus kea rah timur.

Berapa lama dari Cidaun ke Sayang Heulang … ? 

Dengan kondisi jalan lebar, mulus, dan lengang (ini bukan di Jakarta lho …) kita bisa sampai di Sayang Heulang tepat 2 Jam. Itu sih pengalaman saya yang bawa motornya gak begitu ngebut, enggak tahu kalau anda yang muridnya Rossi, setengah jam juga kayaknya nyampe tuh .. hehe. Oh ya, 2 jam itu belum dikurangi dengan berhenti mulu ambil pose terbaik.


Sepanjang jalan ke Sayang Heulang juga merupakan tempat yang keren-keren. Dijamin kalau jalanjalan melalaui jalan Lintas Jabar Selatan gak bakalan bosen dan rasa capek akan terbayar dengan rasa takjub dan puas dech …

Kalau kita ke Sayang Heulang harus punya waktunya yang leluasa. Biar kita tidak usah bawa motor cepet-cepet. Kan sayang aja banyak pemandangan indah yang tidak kita nikmati. Terus kalau kita punya banyak waktu kita bisa mampir-mampir dulu ke tempat-tempat wisata pantai yang lain.

Sejajar dengan Pantai sayang heulang ada Pantai Jayanti Cidaun, Batu Kukumung Cidaun. Keduanya ada di wilayah Cianjur. Masuk ke Wilayah Garut kita bisa juga berkunjung ke Ranca Buaya, Puncak Guha Dan Santolo.

Nah begitu … Selamat berkunjung yah …

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Cara Menuju Sayang Heulang (dari Cianjur Selatan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel