Tahun Baru di Pantai Pulau Punai

Menjelang pergantian tahun yang sering dilakukan adalah merencanakan liburan. Desember biasanya bertepatan dengan masa liburan Akhir Semester Ganjil bagi para pelajar serta liburan tutup tahun bagi kebanyakan orang dan Natal-an  Semua ingin rehat sejenak dan mengambil jarak yang jauh dari yang namanya tuntutan kerja dan beban tugas.

Memang sebaiknya kita menyediakan jeda untuk mengambil nafas baru dan inspirasi baru yang lebih jenius. Jiwa dan badan yang lelah sangat membutuhkan penyegaran yang gunanya untuk kembali membangkitkan semangat juang dalam medan hidup yang penuh persaingan.

Pantai-Pulau-Punai-239
Tempat yang sunyi dan asri serta memilki pemandangan indah adalah salah satu pilihan kita yang ingin berlibur. Untuk merefresh pikiran kita yang perlu dilakukan adalah diam beberapa saat dan nikmati anugerah hidup yang telah di raih.


Berlibur di Pantai

Salah satu bagian bumi yang sering dikunjungi adalah pantai. Deburan ombak yang menghantam karang, atau air laut yang tenang dan beriak karena hembusan angin, telapak kaki yang menyentuh lembutnya pasir atau kasarnya batu karang, jingganya mentari yang beranjak ke peraduan dan rembulan yang menghiasi langit pantai dengan bersanding bintang-gemintang merupakan pemandangan yang bisa kita pandang-pandangi sambil bercakap-cakap atau dengan cukup dengan duduk terdiam saja.

Tahun Baru ke Pantai Pulau Punai

Sedikit kita mengenal Pulau Punai ini. Terletak di Desa Tanjung Kelumpung, Kecamatan Simpang Pisak, Kabupaten Belitung Timur. Dari Kecamatan Dendang hanya berjarak 18 KM saja. Dan jarak dari Ibu Kota Tanjung Pandan adalah sejauh 93 KM. Akses jalan menuju ke Pantai Pulau Punai adalah ketika kita mendarat di Bandara H. AS Hanandjoeddin lanjutkan ke Pulau punai dengan waktu tempuh 3 Jam perjalanan.

Tahun Baru di Pantai Punai

Beragam gaya dan kebiasaan orang berlibur. Ada yang suka tempat-tempat ramai. Dari hasil pengamatan saya, orang-orang yang suka dari daerah pinggiran kota lebih menyukai tempat-tempat wisata yang ramai yang letaknya di perkotaan. Tidak heran kalau liburan atau setelah habis masa belajar orang-orang yang dari kampung akan pergi ke kota.

Sebaliknya orang-orang yang dari perkotaan lebih menyukai liburan di tempat-tempat wisata yang tidak banyak dikunjungi. Kalaupun mau ke pantai biasanya mengeksplor pantai yang masih virgin. Makanya banyak orang dari perkotaan yang membangun villa dan resort tentunya di daerah yang remote area atau daerah terpencil

Secara psikologis manusia menyukai hal baru dan sejenak lepas dari rutinitas yang menjemukan. Bagi orang kampung kehidupan di kampung yang sederhana dan bersahaja serta tempat wisata yang walaupun sangat indah, namun bagi mereka tetap saja biasa-biasa saja karena memang mereka sering ke tempat itu sehingga tidak istimewa buat mereka. Sementara bagi orang kota kehidupan yang alami dan hening adalah barang mahal yang harus didapatkan meskipun jauh dari daerah asalnya.

Begitu pun sebaliknya, bagi orang kota gedung-gedung tinggi seolah mau menggapai langit, atau moda transportasi yang canggih, dan seabreg kehidupan kota semuanya biasa-biasa  saja. Namun Bagi orang kampung pernah pergi ke kota merupakan prestasi dan kebanggaan yang mesti diceritakan. Begitulah meski tentu tidak selamanya begitu.

Keunikan Pantai Pulau Punai

Salah satu hal ini yang paling menarik di Pantai Pulau Punai bagi saya adalah Suasana Sepinya yang sangat nyaman. Keheningan di sana sangat ngeblend berbaur dengan keindahan alamnya yang eksotis dan indah menyejukan mata.
Pantai Tanjung Punai berpasir putih dan dihiasi dengan batu-batu granit. Bentangan vegetasi alamnya sangat khas. Nyiur yang tinggi menjulang dengan buah berwarna hijau dan airnya manis.

Pernah mendengar nama Burung Punai? nah Burung Punai berasal dari Pulau Punai. Pulau Punai adalah habitat asal burung langka ini. Kita masih bisa melihatnya berterbangan di area Pantai. Sangat indah. Jadi bukan hanya ada burung Camar yang biasanya bermain di Pantai.

Bila air surut berjalan berjalan menuju Pantai Punai adalah hal yang bisa dilakukan. Pemandangan yang berhias lebatnya pulau dengan pohon-pohon kelapa menciptakan keheningan dan aura pantai yang khas. Nikmatilah sensasinya. Berbaringlah dan nikmati semilirnya angin pantai yang mengundang kantuk ke dasar jiwa hingga ketenagan menindih pelupuk mata.

Sarana di Pantai Pulau Punai

Ada banyak sarana yang telah disediakan untuk kenyamanan para pengunjung. Diantaranya;
  • Warung nasi yang melayani fasilitas bakar ikan dan menu-menu makanan laut.
  • Gazebo
  • Saung pinggir pantai
  • Kamar bilas
  • WC

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tahun Baru di Pantai Pulau Punai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel