Skip to main content

follow us

Ulasan tentang Goong Renteng Cianjur

Satu lagi kesenian yang tidak banyak diketahui oleh generasi muda Cianjur yaitu Goong Renteng. Kesenian ini sudah hampir punah keberadaannya. Ketika mencari informasi tentang Goong Renteng di Cianjur lumayan sulit.

Kesenian ini tentunya berkaitan erat dengan alat musik goong. Goong-goong ini bentuknya sama dengan goong yang bisa ada dalam pagelaran seni sunda hanya saja ukurannya lebih kecil.

Keberadaannya kesenian ini dapat dijumpai di Kampung Rawa Salak, Desa Purabaya, Kecamatan Agrabinta.

Asal muasal adanya kesenian ini tidak begitu jelas. Ada cerita bahwa kesenian ini berawal ketika para tentara Mataram yang bergerak dari Batavia menuju Yogyakarta singgah di Cianjur. Lalu sebagian mereka ada yang menetap dan mengembangkan kesenian ini.

Dengan hal ini dapat dimungkinkan bahwa Kesenian ini merupakan kesenian yang berasal dari daerah lain. Hal ini bisa saja terjadi, karena ternyata di daerah Kuningan dan Sumedang ada juga Kesenian seperti ini.




You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar