Seni Mamaos Tembang Sunda Cianjuran - Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

Masyarakat Sunda terkenal dengan masyarakat yang sopan dan ramah dalam berkata dan bersikap. Terkenal di Masyarakat Sunda akan kelembutan bahasa dan kesantunan masyarakat sunda dalam bertutur dan berperilaku. Orang sering bilang bahwa "Orang Cianjur mah upami nyarios teh meuni lemes (orang Cianjur kalau berbicara itu halus dan lembut). Kehalusan bahasa mencerminkan keagungan sikap orang Sunda leuleus jeujeur liat tali (kalau bersikap tidak kasar dan tidak terburu-buru mengambil keputusan)nya.

Sikap masyarakat Sunda yang sopan dan peramah serta kalem ini sangat terlihat jelas dalam kesenian yang ada dalam masyarakat mereka. Luhurnya budi (akhlak) tercermin dalam lantunan irama Seni Mamaos Tembang Sunda Cianjuran. Di dalamnya tercermin keluhuran budi tersusun dan bertaut dengan kedalaman falsafah dalam setiap susunan kata yang ada dalan satu tembang (lagu). Lalu bila kita dengarkan iramanya maka jelas sekali ada citra kedamaian dan kelembutan khas Sunda dalam setiap ketukan, ritme, hentakan nada, improvisasi dan lengkinan nada yang mengalun. kita akan mendengar tidak akan ada suara serak, rebek, keras menusuk, atau benyanyi dengan alunan nada yang sekenanya. Karena masyarakat sunda menyukai segala hal yang mencerminkan kelembutan dan harmonis. Sehingga suara yang serak atau berteriak tak beraturan teramat tidak disukai masyarakat Sunda karena berbanding terbalik dengan kesan lembut dan harmonis. Lebih-lebih suara keras dan seperti berteriak itu lebih cocok untuk berdemo atau unjuk rasa dan berkelahi yang merupakan hal yang tidak disukai masyarakat Sunda yang Cinta Damai.

Di zaman sekarang  Seni Mamaos Tembang Sunda Cianjuran semakin populer dan banyak digemari berbagai kalangan. Maka untuk melestarikan nya dimasukkanlah Kesenian ini dalam Muatan lokal di sekolah-sekolah, dan di sekolah-sekolah seni Kesenian ini semakin di kembangkan dan dipromosikan ke seluruh dunia.

Dan Di era sekarang Pemerintah sangat memperhatikan warisan Budaya Indonesia ini dengan memberikan anggaran Khusus bagi setiap sanggar seni yang berusaha melestarikan Kesenian ini. Hal ini terlihat dengan sering diadakannya Pagelaran Pasanggiri Cianjuran yang bertujuan untuk melestarikan, mengenalkan dan meinformasiakn secara luas kesenian ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel